ricardo salam pessy

ricardo salam pessy

Rabu, 03 November 2010

Persipura





Persipura


Berdiri: 1950
Alamat: Jl. Balai Kota No.1 Indonesia
Telepon: +62 (0) 967 583742 / 523234
Faksimile: +62 (0) 967 583742
Ketua: Drs. MR. Kambu, M.Si (Ketua)
Direktur: Rudy Maswi (Manajer Tim)
Stadion: Mandala
Sejarah Singkat
Data Klub:
Berdiri: 1950
Alamat: Jl. Balai Kota No.1, Entrop (Kantor Walikota Jayapura)
Telpon: +62 (0) 967 583742 / 523234
Ketua Umum: Drs. MR. Kambu, M.Si
Manajer Tim: Rudy Maswi 
Julukan: Mutiara Hitam
Pelatih: Jacksen Ferreira Tiago (Brasil)
Stadion: Mandala Jayapura Papua dan Mattoangin Makassar

Sejarah Singkat:

Persatuan Sepakbola Indonesia Jayapura atau disingkat Persipura Jayapura, adalah sebuah klub sepakbola profesional Indonesia yang bermarkas di Jayapura, Papua. Saat ini tim berjuluk "Mutiara Hitam" merupakan salah satu kontestan Superliga 2009/10.

Karena Stadion Mandala Jayapura yang menjadi kandangnya sedang direnovasi, tim kebanggaan warga Papua ini terpaksa harus mengungsi ke Stadion Andi Mattalatta, Matoanging, Makassar, hingga selesainya venue mereka tersebut diperbaiki dan siap digunakan.

Meski telah cukup lama berdiri, prestasi tim asal Papua ini baru mulai terlihat di era sepakbola semi-profesional. Tepatnya setelah tampil sebagai juara Liga Indonesia 2005. Maklum saja karena di era Perserikatan, Persipura hanya mampu menjadi runner-up pada musim 1980.

Kala itu Persipura dikalahkan Persiraja Banda Aceh 3-1, di laga pamungkas yang berlangsung cukup dramatis di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, yang kemudian tampil menjadi juara. Setelah itu prestasi Persipura terus melorot, hingga terlempar ke divisi satu.

Memang di level tingkat dua sepakbola nasional kala itu Persipura tampil dua kali juara pada musim 1979 dan 1993. Namun tetap saja hal itu tidak mampu menujukkan eksistensi mereka di pentas sepakbola nasional, hingga akhirnya tampil sebagai juara divisi utama.

Memasuki era sepakbola profesional dengan digulirkannya Superliga pada musim 2008/09, tim asal Papua ini menunjukkan penampilan lua biasa. Itu seiring dengan semakin membaiknya penampilan beberapa pemain lokal binaannya, ditunjang kehadiran pemain asing berkualitas.


Bisa ditebak, skuad yang saat ini dipimpin pelatih Jacksen F Tiago asal Brasil ini bisa terus melaju hingga menapaki tangga juara. Bahkan kepastian menjadi yang terbaik itu mereka peroleh ketika kompetisi masih menyisahkan beberapa laga. Itu seiring dengan rontoknya beberapa tim papan atas yang menjadi pesaing.

Tiga Pemain Bintang:

Boaz Salossa
Penampilan striker timnas senior Indonesia ini sedang bagus-bagusnya. Ia dipastikan menjadi salah satu "mesin gol" andalan Persipura. Sukses menjadi top skor pada edisi perdana Superliga menjadi jaminan, jika bomber yang akrab di sapa Bochi ini akan kembali menjadi tumpuan bagi timnya dalam mendulang poin.

Imanuel Wanggai
Gelandang muda yang satu ini terus menunjukan penampilan meningkat. Karena itu bisa dipastikan, pada Superliga edisi kedua nanti, ia akan menjadi salah satu andalan Persipura di lini tengah. Daya jelajah yang tinggi serta kemampuan membantu penyerangan yang baik membuat ia menjadi salah satu pemain kunci di lini tengah Persipura.

Ricardo Salampessy
Posisi defender timnas senior ini tampaknya belum akan tergantikan untuk mengawal barisan pertahanan Persipura. Memiliki stamina yang baik dengan visi bermain sepakbola modern membuat ia kembali menjadi salah satu andalan "Mutiara Hitam", dalam upaya membendung serangan lawan. Karena perannya itu pula, lini belakang Persipura sukses mencatat sebagai tim yang paling sedikit kebobolan di Superliga edisi perdana musim ini.

Skuad Pemain:

KIPER - Yoo Jae Hoon (1), Ferdiansyah (20). BELAKANG - (32) Victor Igbonefo, (5) Steevans Hendambo, (45) Bio Paulin Pierre, (4) Ricardo Salampessy, (23) Hamka Hamzah, (12) Markus Kabiay, (26) Ortizan Salossa. TENGAH - (6) David Laly, (15) Gerald Pangkali, (7) Steve Bonsapia, (11) Imanuel Wanggai, (8) Kristian David Uron, (13) Ian Louis Kabes. DEPAN - (21) Tinus Pae, (23) Lukas Mandowen, (86) Boaz Salossa, (25) Titus Bonai. (10) Zah Rahan, (9) Rahmat m. Rivai.



Prediksi Musim 2010/11:
Persipura memiliki peluang untuk mengancam persaingan di papan atas Superliga musim ini. Peluang mereka akan tetap terjadi jika mampu konsisten hingga penghujung kompetisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar